Pages

Ads 468x60px

Labels

artikel (102) gadget (5) go green (3) green (2) indonesia (9) internet (10) iptek (13) IT (15) linux (3) lirik lagu (99) microsoft (10) save earth (6) Sistem Ekonomi (5) tokoh (4) windows (8)

Minggu, 25 Agustus 2013

Tips Menghemat Pemakaian BBM

Kepastian naiknya harga BBM dapat diantisipasi dengan mulai menerapkan sejumlah cara menghemat bahan bakar kendaraan Anda. Simak sejumlah tips berikut untuk menghemat pemakaian BBM.


1. Hanya mengerem ketika memang diperlukan
Perilaku mengendara dengan terus-menerus menekan gas-rem berulang-ulang secara bergantian selama di jalan, jelas menggerus bahan bakar Anda.
Untuk mengubahnya, biasakan untuk melepas gas yang bisa dibarengi dengan menurunkan gigi ketika ingin mengurangi kecepatan ketimbang harus mengerem, kecuali memang pada saat darurat.
Untuk mengantisipasi laju kendaraan yang ada di depan Anda ketika melepas gas, selalu beri jarak yang cukup dengan kendaraan yang ada di depan, serta mengeremlah dan menginjak gas secara bertahap.

2. Beri tekanan udara ban yang tepat
Salah satu hal yang paling berpengaruh pada pemakaian bahan bakar adalah tekanan udara di ban kendaraan Anda. Untuk mendapatkan jarak tempuh yang terbaik dari kendaraan Anda, beri tekanan udara maksimum seperti yang tercantum pada sisi luar ban.
Kendaraan mungkin awalnya akan terasa sedikit lebih kasar di aspal, tetapi hambatan putaran ban Anda akan berkurang dan Anda akan mendapatkan jarak tempuh lebih banyak dari bahan bakar di kendaraan Anda. Pastikan untuk selalu memeriksa tekanan dan kondisi ban sebelum Anda berpergian.

3. Jangan sering memanaskan mesin
Memanaskan mesin di setiap waktu bakal sangat menggerus pemakaian bahan bakar. Cobalah untuk memulai kebiasaan memanaskan mesin hanya sebelum Anda menggunakan kendaraan Anda, atau ketika memang benar-benar diperlukan. Misalnnya, ketika kendaraan telah ditinggal dalam waktu yang lama.

4. Jangan sering mengebut
Pemakaian bahan bakar meningkat secara signifikan setelah kendaraan dipacu diatas kecepatan 90 km/jam. Pada kecepatan 110 km/jam, kendaraan Anda akan menghabiskan hingga 25% lebih banyak bahan bakar daripada saat kecepatannya hanya mencapai 90 km/jam.

Jika mobil Anda memiliki teknologi Cruise Control, menggunakannya selama mengemudi di tol akan sangat membantu untuk mempertahankan kecepatan mobil yang akan menghemat bahan bakar.

5. Perhatikan pemakaian AC
Pemakaian Air Conditioner dapat menghabiskan sekitar 10% tambahan bahan bakar dalam berkendara. Namun, pada kecepatan lebih dari 80 km/jam, penggunaan AC justru lebih baik untuk menghemat bahan bakar.

6. Kurangi beban kendaraan
Semakin berat kendaraan, semakin banyak bahan bakar yang terpakai. Tinggalkan barang-barang yang tidak diperlukan dan buat mobil Anda seringan mungkin.

7. Jaga kendaraan Anda tetap dalam kondisi prima
Menjaga kendaraan Anda agar tetap berada dalam kondisi prima akan sangat membantu, baik dalam kenyamanan mengendarainya, maupun dalam pemakaian bahan bakar. Rawat mesin dan seluruh aspek kendaraan secara teratur. Selain itu, ikuti interval waktu servis yang telah ditentukan, dan gunakan bensin yang telah direkomendasikan untuk kendaraan Anda dari pabrikan.

8. Waspada di jalan
Waspada di sini dalam arti, Anda selalu memperhatikan hal-hal di sekitar perjalanan Anda. Ambil rute terbaik dan jalan-jalan pintas yang dapat menghemat perjalanan, hindari wilayah dan jam-jam padat transportasi, dan jangan sampai tersasar yang akan sangat memakan bahan bakar kendaraan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar