Pages

Ads 468x60px

Labels

artikel (102) gadget (5) go green (3) green (2) indonesia (9) internet (10) iptek (13) IT (15) linux (3) lirik lagu (99) microsoft (10) save earth (6) Sistem Ekonomi (5) tokoh (4) windows (8)

Minggu, 30 September 2012

Mengenang Tragedi Gerakan 30 September (G 30 S/PKI)

Gerakan 30 September atau yang sering disingkat G 30 S PKI, G-30S/PKI adalah sebuah peristiwa yang terjadi pada tanggal 30 September sampai 1 Oktober 1965 di mana enam perwira tinggi militer Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam suatu usaha percobaan kudeta yang kemudian dituduhkan kepada anggota Partai Komunis Indonesia (PKI).

Partai Komunis Indonesia (PKI) merupakan partai komunis terbesar ketiga di dunia.[6] Kadernya berjumlah sekitar 300.000, sementara anggotanya diperkirakan sebanyak dua juta orang. Selain itu PKI juga mengatur serikat-serikat buruh.

Dukungan terhadap kepresidenan Soekarno bergantung pada koalisi "Nasakom" antara militer, kelompok agama, dan komunis. Perkembangan pengaruh dan kemilitanan PKI, serta dukungan Soekarno terhadap partai tersebut, menumbuhkan kekhawatiran pada kelompok Muslim dan militer. Ketegangan mulai menyelimuti perpolitikan Indonesia pada awal dan pertengahan tahun 1960-an. Upaya PKI untuk mempercepat reformasi tanah menggusarkan tuan-tuan tanah dan mengancam posisi sosial para kyai.

Pada tanggal 30 September dan 1 Oktober 1965, enam jenderal dibunuh oleh kelompok yang menyebut diri nya Gerakan 30 September. Maka pemimpin-pemimpin utama militer Indonesia tewas atau hilang, sehingga Soeharto mengambil alih kekuasaan angkatan bersenjata. Pada 2 Oktober, ia mengendalikan ibu kota dan mengumumkan bahwa upaya kudeta telah gagal. Angkatan bersenjata menuduh PKI sebagai dalang peristiwa tersebut. Pada tanggal 5 Oktober, jenderal-jenderal yang tewas dimakamkan. Propaganda militer mulai disebarkan, dan menyerukan pembersihan di seluruh negeri. Propaganda ini berhasil meyakinkan orang-orang Indonesia dan pemerhati internasional bahwa dalang dari semua peristiwa ini adalah PKI. Penyangkalan PKI sama sekali tidak berpengaruh. Maka ketegangan dan kebencian yang terpendam selama bertahun-tahun pun "meledak".



Monumen Pancasila Sakti
Sesudah kejadian tersebut, 30 September diperingati sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September. Hari berikutnya, 1 Oktober, ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Pada masa pemerintahan Soeharto, biasanya sebuah film mengenai kejadian tersebut (Pengkhianatan G 30 S/PKI) juga ditayangkan di seluruh stasiun televisi di Indonesia setiap tahun pada tanggal 30 September. Selain itu pada masa Soeharto biasanya dilakukan upacara bendera di Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya dan dilanjutkan dengan tabur bunga di makam para pahlawan revolusi di TMP Kalibata. Namun sejak era Reformasi bergulir, film itu sudah tidak ditayangkan lagi dan hanya tradisi tabur bunga yang dilanjutkan.

1 komentar:

  1. [url=https://imgbb.com/][img]https://i.ibb.co/nMZwn4D/bb.jpg[/img][/url]
    [url=https://imgbb.com/]share picture[/url]🐝🐝 MADU99 NET 🐝🐝
    SITUS GAME ONLINE DOMINO DAN POKER TERBESAR SE ASIA
    DENGAN RATING KEMENANGAN TERTINGGI HANYA DI MADU99

    Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga Raih Kemenangan dan Bonus Terbesar.
    Hanya di Madu99 Sebagai Partner Kemenangan Berlimpah.

    Madu99 Memberikan Layanan Non-Stop 24 Jam Online
    -Proses Transaksi super Cepat
    -Rating kemenangan Tertinggi
    -Minimal Deposit / WD Hanya 20 ribu

    Dapatkan Juga Hot Promo Bonus :
    *BONUS TURNOVER 0.3% (DIBAGIKAN SETIAP 5 Hari 1x)
    *BONUS REFERRAL 15% (SEUMUR HIDUP)

    Menyediakan 8 Game dalam 1 user ID
    BandarQ
    Bandar66
    Domino99
    AduQ
    Poker
    Bandar Poker
    Capsa Susun
    Sakong

    Bank Tersedia :
    BCA*
    MANDIRI*
    BNI*
    BRI*
    DANAMON*

    DAFTAR?? KLIK DISINI

    BalasHapus