Pages

Ads 468x60px

Labels

artikel (102) gadget (5) go green (3) green (2) indonesia (9) internet (10) iptek (13) IT (15) linux (3) lirik lagu (99) microsoft (10) save earth (6) Sistem Ekonomi (5) tokoh (4) windows (8)

Rabu, 21 Agustus 2013

Hyperloop, Alat Transportasi Modern yang Lebih Cepat dari Pesawat

Elon Musk, pengusaha AS dan pendiri SpaceX, Tesla, dan PayPal, mengumumkan sebuah rancangan transportasi darat yang memiliki kecepatan mendekati supersonik yang dinamakan "Hyperloop".


Hyperloop sepintas menyerupai kereta namun ia tidak menggunakan rel. Kendaraan ini menggunakan kekuatan magnet dan kipas untuk "menembakkan" kapsul penumpang yang mengambang di udara melewati sebuah terowongan panjang.

Alat transportasi modern bertenaga surya ini memiliki kecepatan 1.220 km/jam dan mampu menempuh rute Los Angeles-San Fransisco (610 km) dalam waktu hanya setengah jam.

Musk mengatakan kendaraan ini lebih cepat, lebih aman dan lebih murah dibanding kereta api supercepat.

"Satu-satunya pilihan berpergian supercepat adalah dengan membangun sebuah terowongan, di atas atau bawah tanah, yang memilki kondisi khusus." ujar Musk.

Musk memperkirakan investasi untuk membangun Hyperloop untuk rute LA-San Fransisco adalah $6 miliar (Rp 60 triliun).

Dia mengatakan kapsul bisa diberangkatkan setiap 30 detik. Kapsul juga bisa digunakan untuk membawa mobil.

Meski melaju kencang mendekati kecepatan suara, penumpang hanya akan mengalami sedikit tekanan gravitasi atau setara dengan naik pesawat atau roller coaster.

Harga tiketnya? Musk memperkirakan hanya $20 (Rp 200.000) sekali jalan. Cukup murah untuk kendaraan yang bisa lebih cepat dari pesawat.

"Hyperloop untuk jarak sekitar 1600 km bisa lebih cepat daripada pesawat, karena tidak perlu take-off dan landing," ujar Musk.

Beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar