Pages

Ads 468x60px

Labels

artikel (102) gadget (5) go green (3) green (2) indonesia (9) internet (10) iptek (13) IT (15) linux (3) lirik lagu (99) microsoft (10) save earth (6) Sistem Ekonomi (5) tokoh (4) windows (8)

Minggu, 18 Agustus 2013

Ts’ai Lun, Penemu Kertas Yang Terlupakan


Sosok ini memang tidak familiar di telinga banyak orang. Padahal ia merupakan penemu kertas! Ya, kertas yang masih kita pergunakan sampai saat ini meski tergerus oleh digitalisasi.


Namanya yang jarang disebut membuat ia dicurigai keasliannya. Namun penelitian yang mendalam menemukan bahwa Ts’ai Lun benar-benar ada. Ia seorang pejabat di balairung kekaisaran Cina yang pada – atau sekitar – tahun 105 mempersembahkan contoh kertas kepada Kaisar Ho Ti.

Catatan tentang penemuan Ts’ai Lun (yang tercantum dalam sejarah resmi Dinasti Han) sangat terus terang dan dapat dipercaya. Masyarakat Cina selalu memuji Ts’ai Lun sebagai penemu kertas dan namanya cukup terkenal di Cina.

Atas dasar itulah, Michael H. Hart dalam bukunya 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia menempatkan Ts’ai Lun pada peringkat 7, satu peringkat di atas Johann Gutenberg (1400 – 1468), penemu alat cetak. Alasan Hart menempatkan Ts’ai Lun di atas Gutenberg adalah kertas memiliki kegunaan lain selain sebagai media tulisan. Selain itu, Ts’ai Lun hidup sebelum Gutenberg sehingga sangat mungkin Guttenberg tak akan pernah menemukan alat cetak jika kertas belum ditemukan.

intisari-online.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar