Pages

Ads 468x60px

Labels

artikel (102) gadget (5) go green (3) green (2) indonesia (9) internet (10) iptek (13) IT (15) linux (3) lirik lagu (99) microsoft (10) save earth (6) Sistem Ekonomi (5) tokoh (4) windows (8)

Jumat, 02 Agustus 2013

Carberp, Source Code Virus Penyerang Perbankan

Trojan satu ini sempat menghebohkan industri perbankan. Program jahat bernama Carberp ini awalnya beredar di negara bekas wilayah Uni Soviet dan kemudian menyebar ke seluruh dunia.


Carberp memang khusus dikembangkan dan digunakan untuk mencuri data perbankan. Kini, source code virus komputer ini dilaporkan telah dilepas dengan harga USD 5.000 atau sekitar Rp 50 juta.

Peristiwa ini tentu sangat mengkhawatirkan karena kemungkinan malware tersebut akan dikembangkan lebih jauh dengan kemampuan yang lebih canggih atau bahkan dilengkapi dengan kapabilitas lain oleh sang pemilik baru.

Peneliti senior perusahaan keamanan Eset, David Harley mengatakan, kewaspadaan user sangat penting menghadapi kondisi tersebut karena kita tidak pernah tahu apakah kita akan menjadi korban berikutnya. Salah satu upaya kesiapan user adalah dengan melengkapi komputer dengan aplikasi keamanan.

"Peredaran source code dari malware yang canggih selalu menjadi berita buruk bagi banyak pihak," lanjutnya, dalam keterangan tertulis, Selasa (2/7/2013).

"Jika hal itu terjadi, bisa diasumsikan akan ada pihak yang memanfaatkan kesempatan untuk menciptakan varian baru, dan sekaligus menjadi ujian juga bagi kemampuan heuristik yang dimiliki oleh software keamanan," imbuhnya.

Saat Trojan Carberp menyebar, prevalensi malware di internet Rusia beberapa waktu yang lalu, mendadak menjadi tinggi.

sumber: detikcom (02 Juli 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar