Pages

Ads 468x60px

Labels

artikel (102) gadget (5) go green (3) green (2) indonesia (9) internet (10) iptek (13) IT (15) linux (3) lirik lagu (99) microsoft (10) save earth (6) Sistem Ekonomi (5) tokoh (4) windows (8)

Rabu, 11 September 2013

Robot Survei Berhasil Dikembangkan dengan Pengoperasian Menggunakan Smartphone

beritasatu.com - Sebuah tim dari Universitas Waseda yang dipimpin Profesor Atsuo Takanishi berhasil mengembangkan sebuah robot yang dapat digunakan untuk survei. Robot yang memiliki enam roda tersebut bisa dioperasikan melalui smartphone.


Anggota tim menjelaskan, jika robot tersebut dibuat untuk melakukan survei lingkungan. Dioperasikan tidak perlu menggunakan jaringan komunikasi tersendiri karena menggunakan internet yang tersambung melalui smartphone untuk mengolah data yang kemudian berfungsi sebagai pengendali jarak jauh.

Tim tersebut berharap, robot tersebut dapat digunakan untuk mengukur tingkat radiasi dengan percobaan lokasi di sekitar hutan sekolah. Robot tersebut juga memiliki kemampuan untuk mengusir hama yang mengganggu.

Spesifikasi robot tersebut, memiliki panjang 36 sentimeter, berbentuk kotak dengan tiga roda oval di setiap sisi. As roda disambungkan di tengah agar memungkinkan robot tersebut bergerak dengan rintangan setinggi 18 sentimeter.

Robot tersebut memiliki panel tenaga surya dan memiliki kamera. Robot itu juga dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi radiasi dan partikel kecil. Perangkat ultrasonik digunakan untuk mengusir binatang.

Sebuah perusahaan di Fukuoka akan memproduksi robot tersebut sesuai dengan pesanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar