Pages

Ads 468x60px

Labels

artikel (102) gadget (5) go green (3) green (2) indonesia (9) internet (10) iptek (13) IT (15) linux (3) lirik lagu (99) microsoft (10) save earth (6) Sistem Ekonomi (5) tokoh (4) windows (8)

Jumat, 13 September 2013

Mata Kering Seiring Bertambahnya Usia

intisari-online.com – Mata kering sering terjadi pada orang tua di atas usia 50 tahun karena produksi air mata berkurang seiring bertambahnya usia. Berkurangnya air mata lebih sering terjadi pada wanita, terutama setelah menopause.


Air mata memiliki tiga lapisan dasar, yaitu minyak, air, dan lendir. Masalah yang terjadi pada setiap atau salah satu lapisan dapat menyebabkan mata kering.

Lapisan luar dari air mata, yang diproduksi oleh kelenjar kecil di pinggir kelopak mata kita, mengandung minyak lemak. Ini adalah permukaan halus air mata dan penguapan lambat  Jika kelenjar minyak tidak menghasilkan cukup minyak, lapiran berair menguap terlalu cepat, menyebabkan mata kering.

Lapisan tengah adalah sebagian besar air dengan sedikit garam. Lapiran ini, diproduksi oleh kelenjar air mata, untuk membersihkan mata kita. Jika kelenjar air mata tidak membuat cukup bagian air mata berair, yang terjadi adalah mata kita kering.

Lapisan dalam lendir membantu air mata tersebar secara merata di atas permukaan mata kita. Jika kita tidak memiliki cukup lendir untuk menutupi mata, bintik-bintik kering dapat terbentuk pada permukaan depan mata.

Air mata juga diperlukan untuk kesehatan mata secara keseluruhan dan penglihatan yang jelas. Air mata menjaga mata tetap lembab dan membersihkan kotoran. Juga membantu melindungi mata dari infeksi.

Mata kering dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

  • Peradangan atau penyakit apa pun yang mengubah air mata.
  • Efek samping dari beberapa obat-obatan, termasuk antihistamin, dekongestan hidung, obat penenang, obat tekanan darah, obat parkinson, pil KB, dan obat anti-depresi.
  • Wanita yang menjalani terapi penggantian hormon.
  • Alergi yang terkait dengan mata kering.
  • Jarang berkedip ketika menatap layar komputer atau video
  • Orang yang pernah melakukan LASIK atau bedah refraktif lainnya, ketika kornea mata telah berkurang sensasinya karena sayatan atau hilangnya jaringan.
  • Orang yang memakai lensa kontak jangkap panjang juga berisiko mata kering.

Mata kering dapat merusak kornea, permukaan pelindung yang menutupi bagian berwarna dari mata atau lapisan iris. Untungnya kehilangan penglihatan permanen karena mata kering sangat jarang terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar