Pages

Ads 468x60px

Labels

artikel (102) gadget (5) go green (3) green (2) indonesia (9) internet (10) iptek (13) IT (15) linux (3) lirik lagu (99) microsoft (10) save earth (6) Sistem Ekonomi (5) tokoh (4) windows (8)

Senin, 12 Mei 2014

Ekspansi Dolby Digital Rambah Siaran HDTV

detik.com - Teknologi Dolby Digital Plus tercatat telah dibenamkan di 1,6 miliar perangkat yang tersebar di seluruh dunia, mulai dari televisi, set top box, pemutar cakram Blu-ray, penerima audio/video, hingga mobile device seperti smartphone dan tablet.


Ekspansi besar-besaran teknologi Dolby Digital Plus ini ternyata tak hanya berhenti sampai di sini. Pasalnya, Dolby juga terus menjalin kerja sama dengan sejumlah mitra untuk membenamkan perangkat teknologi audionya ini.

Tak hanya dengan penyelenggara bioskop, tapi juga dengan sejumlah operator penyelenggara siaran TV. Salah satunya seperti detikINET kutip dari situsnya, Senin (12/5/2014), Dolby Laboratories baru saja menggaet True Visions Public Company Limited yang dikenal sebagai salah satu penyedia layanan TV berbayar terbesar di Thailand.

Dalam kerjasamanya, Dolby akan mendukung fitur teknologi Digital Plus ini ke dalam 50 kanal siaran berbasis high definition (HD Channels) yang ditawarkan oleh True Vision. Dengan teknologi ini, suara yang keluar dalam siaran HD ini akan semakin nyata di telinga para penonton.

"Dolby Digital Plus dengan cepat menjadi salah satu standar siaran audio terkemuka untuk layanan HDTV di seluruh dunia, termasuk di Singapura, Indonesia, Thailand, China, India, dan Timur Tengah," kata Leong-Yan Yoong, Regional Director South-East Asia Dolby Laboratories.

Leong menjelaskan, Dolby Digital Plus telah diadopsi oleh banyak penyelenggara siaran TV di dunia dan produsen set top box untuk menawarkan pengalaman audio berkualitas HD dengan surround sound penuh dalam stream audio tunggal yang sangat bandwidth efisien.

"Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan True Visions untuk memberikan tayangan favorit pemirsa melalui teknologi Dolby Digital Plus surround sound 5.1 pada semua saluran HD yang saat ini sudah mencapai 50 channel," lanjutnya.

Selain bekerja sama dengan TV berbayar, Dolby sebelumnya di Thailand juga telah menjalin kerja sama dengan Thairath, salah satu penyelenggara TV terresterial di negara itu untuk menyelenggarakan siaran HDTV dengan teknologi DVB-T2 yang ada di Dolby Digital Plus. Siaran digital itu telah mengudara 24 April lalu.

"Suara yang dahsyat sangat penting untuk hiburan yang memukau. Dolby senang bisa bekerja sama dengan Thairath TV untuk membantu para pemirsanya merasakan pengalaman audio yang luar biasa melalui siaran digital dengan standar high definition tinggi yang ditawarkan Dolby Digital Plus," pungkas Leong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar