Pages

Ads 468x60px

Labels

artikel (102) gadget (5) go green (3) green (2) indonesia (9) internet (10) iptek (13) IT (15) linux (3) lirik lagu (99) microsoft (10) save earth (6) Sistem Ekonomi (5) tokoh (4) windows (8)

Kamis, 24 Januari 2013

Tips Memilih Smartphone Bagi Pemula

Sistem Operasi menjadi tolak ukur dalam memilih smartphone. Sistem operasi penting dalam menentukan pilihan smartphone apa yang cocok. Disini kita akan sebut 5 sistem operasi yang sangat populer di Indonesia: BlackBerry, Android, Symbian, Windows Phone 7 dan juga iOS.

Apabila anda membutuhkan messaging, chatting dan email pilihan bisa jatuh ke BlackBerry. Karena hingga saat ini BlackBerry untuk push email-nya sangat bisa diandalkan. Didukung dengan keypad QWERTY-nya, tentu akan lebih membantu Anda dalam menulis email.
Apabila Anda menyukai bermacam-macam aplikasi gratis, bisa mencoba system operasi Android. Meskipun tersedia juga aplikasi yang berbayar tetapi 70% aplikasi Android yang tersedia di market disediakan gratis. Pilihan smartphonenya pun sekarang semakin banyak dari mulai berharga 1 jutaan hingga 6 jutaan
Apabila sebelumnya Anda memang fanatik dengan brand Nokia dan ingin mencoba smartphonenya, maka sistem operasi yang Anda pilih adalah Symbian. Dimana symbian adalah sistem operasi untuk smartphone yang sudah lama digunakan oleh Nokia. Hingga saat ini pun masih dikembangkan meskipun tidak sepesat Android dan iOS.
Windows Phone 7, kalau Anda tahu yang namanya sistem operasi pocket PC atau Windows Mobile maka penerusnya adalah Windows Phone 7. Windows Phone ini dikenal mempunyai tampilan yang sangat berbeda dengan Windows Mobile 6.5. Sekarang Windows Phone ini mulai bersaing dengan Android dengan Windows Marketnya dan multimedianya yang bisa dihandalkan.
Apabila Anda mempunyai cukup dana, sistem operasi iOS bisa menjadi pilihan. Sistem operasi ini dipendam dalam smartphone iPhone. Banyak aplikasi interaktif yang bisa di download dari Appstore. Meskipun kebanyakan aplikasi ini berbayar tetapi hingga saat ini untuk aplikasi social network, games dan juga edukasi untuk anak-anak menjadi saingan terberat untuk Android. Multimedianya pun sangat menarik. Sayangnya harga iPhone terbaru hingga saat ini belum pernah mencapai harga dibawah 6juta.

Setelah memilih sistem operasi, sekarang kita coba menilik kebeberapa fitur. Fitur ini juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih smartphone. Berikut fitur-fitur wajib yang harus tersedia dalam smartphone:
Messaging. Apabila memang kebutuhannya adalah messaging smartphone yang berbasis keypad QWERTY bisa menjadi pilihan. Karena memudahkan pengguna untuk ber messaging dan chatting dengan keypad QWERTY.  Tetapi kekurangannya layar biasanya kecil dan resolusinya pun tidaklah tinggi.
Apabila kebutuhannya untuk browsing kebutuhan layar besar juga penting. Karena sebuah website akan lebih nyaman dilihat dengan layar yang besar. Resolusi juga menjadi kebutuhan karena kenyamanan melihat layar semakin tinggi resolusi akan semakin nyaman.
Kalau Anda penyuka game, cobalah yang menggunakan layar besar minimal berukuran 3.5inch. Dan akan lebih maksimal karena biasanya dengan layar besar support dengan fitur touch screen. Untuk smartphone dengan layar touch screen usahakan jenis layarnya adalah capacitive. Karena jenis capacitive lebih nyaman digunakan dibandingkan jenis resistive. Pada layar jenis resistive biasanya akan diperlukan stylus pen karena ketika memilih dan mengeksekusi, layar harus agak ditekan.
Jika foto-foto menjadi salah satu fitur penting, perhatikan resolusi kamera. Minimal Smartphone keluaran mulai dari tahun 2009 sudah mempunyai resolusi minimal 2.0 MP. Apalagi kalau sudah support dengan fitur HD recording. LED Flash juga penting untuk mengambil gambar di kondisi gelap.
Media penyimpan internal untuk beberapa smartphone sudah tersedia yang berkapasitas besar. Tetapi apabila media penyimpan internal kurang besar, biasanya akan tersedia media penyimpan eksternal yaitu slot untuk memasukan memory card dengan jenis MicroSD. Memory card bisa diganti dengan kapasitas yang lebih besar.
Fitur koneksi juga menjadi faktor penting. Pada zaman sekarang biasanya sudah support dengan koneksi 3G/HSPA. Juga dilengkapi dengan Bluetooth dan WiFi.

Dana juga menjadi hal penting dalam memilih smartphone. Apabila Anda mempunyai cukup dana, pilihan bisa jatuh ke brand besar macam Samsung, Nokia,Sony Ericsson, BlackBerry, HTC, LG, Apple iPhone dan lain-lain. Tetapi apabila dana sangat terbatas cobalah smartphone-smartphone brand dari China ataupun buatan lokal. Dengan harga terjangkau anda pun bisa mendapatkan fitur-fitur yang cukup layak dari sebuah smartphone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar