Pages

Ads 468x60px

Labels

artikel (102) gadget (5) go green (3) green (2) indonesia (9) internet (10) iptek (13) IT (15) linux (3) lirik lagu (99) microsoft (10) save earth (6) Sistem Ekonomi (5) tokoh (4) windows (8)

Selasa, 01 Januari 2013

Resolusi Tahun Baru Pengguna Komputer


Kebanyakan orang membuat resolusi tahun baru pada masalah kesehatan, keuangan, rumah tangga, atau peningkatan diri lainnya. Hanya sedikit orang yang membuat resolusi terkait komputer. Jika tertarik untuk melakukannya, berikut beberapa resolusi sederhana untuk membuat kita dan komputer kita lebih “bahagia” di tahun baru.


Back up data. 
Untuk melindungi berkas-berkas penting seperti foto, musik, video, atau dokumen kerja, ada baiknya kita membuat berkas cadangan. Bisa dalam bentuk fisik seperti menggunakan external hard drive atau secara daring di Google Drive, Dropbox, Amazon Cloud Drive, dan iCloud.

Menghapus berkas yang tidak penting. 
Pasti membutuhkan waktu yang lama untuk menghapus seluruh berkas atau program yang tidak penting di komputer, tapi percayalah, dampaknya akan menyenangkan karena selain komputer bekerja lebih cepat, ruang penyimpanan juga menjadi lebih banyak.

Mengatur berkas. 
Setelah menghapus berkas yang tidak penting, saatnya mengatur berkas sesuai jenis atau bahkan tahunnya. Kita akan lebih mudah dan cepat saat mencarinya di kemudian hari.

Defrag. 
Bagi pengguna sistem operasi selain Windows Vista (atau yang lebih baru) atau Mac OS X, ada baiknya men-defrag komputer secara manual, karena komputer tidak melakukan defrag secara otomatis. Komputer akan bekerja lebih cepat dan lembut.

Lindungi dengan anti-virus. 
Selalu ada peluang komputer terserang virus, makanya jangan ragu untuk meng-instal perangkat lunak anti-virus. Bingung memilih? Berikut beberapa antivirus gratis yang dapat menjadi pilihan.
Pastikan juga jaringan nirkabel aman.

Di saat penggunaan jaringan nirkabel begitu tinggi, seperti saat ini, peretas dapat dengan mudah mencuri data penting, termasuk password. Router jadul mudah diretas, untuk itu membeli yang lebih baru sangat direkomendasikan.

Jaga komputer tetap dingin. 
Agar tidak meledak, atau sekadar berjalan lancar, ada baiknya menjaga komputer tetap dingin. Selain menambahkan pendingin, memastikan tidak ada yang menghalangi ventilasi fan, termasuk debu, wajib diperhatikan.

Hindari sindrom carpal tunnel
Sindrom ini muncul pada pergelangan tangan karena posisi yang salah dalam menggunakan mouse (tetikus). Mengganjal pergelangan tangan saat menggunakan tetikus, menggunakan tetikus yang empuk, serta sering mengambil istirahat pendek saat menggunakan tetikus dapat membantu mencegah sindrom ini.

Coba sesuatu yang baru. 
Jangan ragu menggunakan perangkat (lunak atau keras) yang baru. Misalnya, mencoba browser lain selain Internet Explorer, seperti Google Chrome atau Firefox. Bisa saja kita lebih cocok dengan perangkat yang baru tersebut.

Batasi waktu menggunakan komputer. 
Tidak dapat dipungkiri bahwa komputer sangat penting bagi kehidupan kita, namun terlalu sering menggunakannya, bahkan hingga lupa waktu, bisa menimbulkan bahaya. Lakukan aktivitas lain yang dapat menyehatkan badan, menambah kerabat, atau menambah pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar