Pages

Ads 468x60px

Labels

artikel (102) gadget (5) go green (3) green (2) indonesia (9) internet (10) iptek (13) IT (15) linux (3) lirik lagu (99) microsoft (10) save earth (6) Sistem Ekonomi (5) tokoh (4) windows (8)

Kamis, 31 Januari 2013

Bukit Siguntang


Bukit Siguntang adalah tempat bersejarah di Kota Palembang di zaman Sriwijaya dan menjadi tempat bersejarah penganut agama Budha. Daerah ini terletak 4 KM dari Kota Palembang dengan ketinggian 27 meter dari permukaan laut, tepat di kelurahan Bukit Lama Tempat ini sampai sekarang masih tetap dikeramatkan karena disini terdapat beberapa makam diantaranya :


1. Raja Gentar Alam
2. Putri Kembang Dadar
3. Putri Rambut Selako
4. Panglima Bagus Kuning
5. Panglima Bagus Karang
6. Panglima Tuan Junjungan
7. Panglima Raja Baru Api
8. Panglima Jago Lawang

Berdasarkan hasil penemuan pada tahun 1920 di sekitar bukit ini telah ditemukan sebuah patung (arca) Budha bergaya seni Amarawati yang raut wajah Srilangka berasal dari abad XI masehi yang sekarang diletakan di halaman Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Kita dapat melihat panorama kota Palembang; dari ketinggian Bukit Siguntang dengan menempuh kendaraan umum jurusan Bukit Besar.

Konon Bukit Siguntang dipercaya sebagai tempat peristirahatan terakhir raja Si Gentar Alam, salah satu raja kerajaan Sriwijaya yang berasal dari Mataram Kuno. Sebelum menjadi sebuah bukit, Siguntang diperkiraakan sebagai bagian daratan yang ada di Limbang Tanah Melayu, nama kota Palembang pada masa itu. Namun karena peristiwa alam, banyak daratan yang tertutup oleh air sehingga terbentuklah banyak kepulauan dan pegunungan di bawah laut dan samudra.

1 komentar: