Pages

Ads 468x60px

Labels

artikel (102) gadget (5) go green (3) green (2) indonesia (9) internet (10) iptek (13) IT (15) linux (3) lirik lagu (99) microsoft (10) save earth (6) Sistem Ekonomi (5) tokoh (4) windows (8)

Jumat, 01 November 2013

8 Manfaat Tidur Siang



Secara umum tidur amat penting bagi kehidupan terutama kesehatan manusia dan hewan-hewan lainnya. Para ahli telah tahu bagaimana tidur yang sehat dapat melindungi diri dari berbagai penyakit berbahaya seperti jantung-pembuluh darah, diabetes dan kegemukan (obesitas). Tidur yang sehat juga ternyata menopang kemampuan otak kita.

Seperti yang telah Anda ketahui, malam merupakan waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas tidur. tapi banyak sebagian dari kita yang sering melakukannya pada siang hari atau lebih di kenal dengan tidur siang. Namun, banyak orang yang tidak bisa menyempatkan diri untuk tidur siang. Alasan klasiknya adalah karena tuntutan pekerjaan yang tidak memungkinkan mereka untuk sejenak terlelap.

Ternyata tidur siang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Seperti yang ditemukan oleh para ahli dari NASA, bahwa tidur siang 40 menit dapat mengembalikan kewaspadaan pilot, dibandingkan dengan mereka yang terus bekerja tanpa istirahat. Sementara penelitian lain dari Harvard, tunjukkan bahwa tidur 20 menit di siang hari sudah dapat meningkatkan kewaspadaan pekerja shift.

Berikut ini 8 manfaat dari tidur siang bagi kesehatan:

1. Menurunkan stress
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hormon stress secara dramatis akan mengalami penurunan setelah melakukan tidur siang bagi Anda yang semalam tidurnya kurang begitu nyenyak dan lelap, sehingga membuat aktivitas otak bekerja lebih baik sepanjang hari.

2. Mengobati imsomnia
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menegaskan bahwa tidur siang akan membuat penderita insomnia jadi lebih bugar. Ini dikarenakan total waktu istirahatnya jadi lebih panjang.

3. Mencegah penyakit jantung
Jika Anda melakukan tidur siang pendek selama 20-40 menit setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke. Sebuah penelitan yang dilakukan oleh orang Yunani menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang selama 30 menit selama 3 kali sehari dalam waktu seminggu mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler sebesar 37 persen. Penelitian tersebut juga mengemukakan, tidur siang yang sehat yaitu antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit. Karena jika lebih dari waktu tersebut akan menyebabkan kepala berat ketika anda terbangun.

4. Meningkatkan produktivitas kerja
Kala siang hari tiba, biasanya menjadi waktu yang membuat badan malas dan produktivitas menurun. Dengan tidur siang beberapa saat, dapat menyegarkan kembali semangat bekerja Anda dibandingkan harus melakukan doping melalui secangkir kopi. Oleh karena itulah, bagi Anda yang sering mengalami kecapekan tenaga dan pikiran setelah bekerja di sarankan untuk tidur siang agar produktivitas kerja meningkat.

5. Meningkatkan daya ingat otak
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menemukan bahwa tidur siang dalam wakut 45 menit mampu meningkatkan daya ingat otak Anda. Singkatnya tidur siang membuat gerakan mata terjadi lebih cepat. Hal ini sering dikaitkan dengan proses kognitif di otak.

6. Memperbaiki dan mencegah mood buruk
Rasa mengantuk dan kelelahan di siang hari bisa membuat mood Anda menjadi buruk. Misalnya mudah marah, tersinggung, membentak, dan sebagainya. Tidur siang dapat menyingkirkan itu semua.

7. Meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi
Orang yang mengantuk biasanya akan menurun kemampuannya untuk waspada dan fokus terhadap sesuatu. Dengan tidur siang 10 menit, cukup untuk mengembalikan kewaspadaan.

8. Menyingkirkan ketegangan pikiran dalam 10 menit
Boleh percaya atau tidak, hanya dengan benar-benar terlelap selama minimal 10 menit, mampu melawan stres yang Anda alami. Menurut studi dari National Sleep Foundation, inilah waktu tersingkat untuk tidur siang yang bermanfaat untuk merelaksasi pikiran seseorang.

Tidur siang di sarankan cukup 20 menit. Kecuali untuk Anda yang memang di rumah dan mempunyai waktu lebih, boleh dilakukan sepuasnya. Pada usia Dewasa muda dan remaja, tidur siang bisa mencapai 2-3 jam. Sementara usia yang lebih matang hanya mampu tidur siang 20-30 menit saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar