Pages

Ads 468x60px

Labels

artikel (102) gadget (5) go green (3) green (2) indonesia (9) internet (10) iptek (13) IT (15) linux (3) lirik lagu (99) microsoft (10) save earth (6) Sistem Ekonomi (5) tokoh (4) windows (8)

Selasa, 08 Oktober 2013

8 Fungsi Pencarian Tersembunyi Google

beritasatu.com - Google sudah digunakan miliaran orang untuk melakukan pencarian di internet setiap harinya. Tapi tahukah Anda ada beberapa fungsi pencarian dari Google yang memudahkan Anda berkelana di rimba internet?


1. Calculator
Google bisa berfungsi sebagai kalkulator scientific bukan sekadar kalkulator standar yang mengerti penjumlahan seperti 5+6 atau perkalian 6*2 saja. Ia bisa melakukan perhitungan logaritma dan mengerti konstantata seperti e dan pi serta fungsi Cos dan Sin. Google juga bisa menerjemahkan bilangan menjadi kode biner - Anda bisa mencobanya dengan menggetikkan "12*3 in binary".

2. Pencarian dalam situs
Dengan menggunakan keyword "site:" Anda bisa membuat Google melakukan pencarian dari satu situs saja. Anda bisa mencoba menggetikkan "Timnas Indonesia site:beritasatu.com" dan akan keluar hasil pencarian mengenai Timnas Indonesia dari situs beritasatu.com.

3. Konversi
Anda bisa melakukan konversi dari mata uang dengan menggunakan sintaks: <nilai> <mata uang1> in <mata uang2>. Sebagai contoh coba ketikkan "100 USD in IDR", "20 C in F" atau 15 inches in cm" dan langsung mendapatkan hasilnya dari Google.

4. Zona waktu
Anda bisa mencari zona waktu kota tertentu dan waktu di kota tersebut lewat Google dengan rumus pencarian "time in <nama tempat>", contohnya "time in Medan".

5. Fitur penerjemah
Cara cepat menerjemahkan bahasa asing adalah dengan mengetikkan "translate <kata> ke <bahasa>. Sebagai contoh ketikkan "translate bekerja to english" akan keluar hasil pencarian work.

6. Melakukan pencarian file dengan tipe tertentu
Jika Anda mengetahui tipe file yang tengah dicari Anda bisa melakukan pencarian dengan mengetikkan "<kata kunci> filetype:pdf atau "<kata kunci> filetype:doc".

7. Mengecek status penerbangan
Jika Anda mengetikkan nomor penerbangan, hasil pencarian teratas adalah penerbangan serta statusnya. Contohnya Anda bisa menggetikkan GA 130 akan keluar hasil pencarian penerbangan Garuda Indonesia yang bertolak dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta ke Jambi beserta waktu keberangkatan dan kedatangan.

8. Ramalan cuaca
Anda bisa mencari hasil prakiraan cuaca dengan menggetikkan nama kota diikuti dengan kata "forecast". Hasil pencarian dari Google akan termasuk kondisi cuaca, kelembaban, kecepatan angin serta ramalan cuaca hingga enam hari ke depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar