Pages

Ads 468x60px

Labels

artikel (102) gadget (5) go green (3) green (2) indonesia (9) internet (10) iptek (13) IT (15) linux (3) lirik lagu (99) microsoft (10) save earth (6) Sistem Ekonomi (5) tokoh (4) windows (8)

Rabu, 13 Februari 2013

Kedudukan Sosiologi di Antara Ilmu-ilmu Lain

Meskipun sama-sama mengkaji tentang masyarakat, ada beberapa perbedaan antara sosiologi dengan ilmu-ilmu lain, terutama ilmu-ilmu sosial. Beberapa penjelasan mengenai hubungan sosiologi dengan ilmu-ilmu lain adalah sebagai berikut.



Sosiologi dan Ilmu Politik
Ilmu politik pada dasarnya mempelajari daya upaya untuk memperoleh, mempertahankan, dan menggunakan kekuasaan, sementara sosiologi memusatkan perhatiannya pada segi-segi masyarakat yang bersifat umum Dan berusaha mendapatkan pola-pola yang juga umum. Bagi sosiologi, soal daya upaya untuk mendapatkan kekuasaan digambarkan sebagai salah satu bentuk persaingan, pertikaian, atau konflik.

Sosiologi dan Ekonomi
Ekonomi mempelajari usaha-usaha manusia dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan materiil nya  sementara sosiologi mempelajari unsur-unsur dalam masyarakat secara keseluruhan. Contoh: ekonomi berusaha memecahkan masalah bagaimana cara menaikkan nilai rupiah terhadap dolar Amerika dengan cara menurunkan suku bunga bank.

Sosiologi dan Antropologi
Antropologi, khususnya Antropologi sosial, agak sulit dibedakan dengan sosiologi. Ada pendapat yang menyatakan bahwa antropologi memusatkan perhatiannya pada masyarakat primitif atau memiliki kebudayaan yang masih sederhana, sementara sosiologi memusatkan pada masyarakat yang modern Dan kompleks. Namun, sekarang ini antropologi juga menaruh perhatian pada masyarakat modern, seperti munculnya kajian antropologi perkotaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar