Pages

Ads 468x60px

Labels

artikel (102) gadget (5) go green (3) green (2) indonesia (9) internet (10) iptek (13) IT (15) linux (3) lirik lagu (99) microsoft (10) save earth (6) Sistem Ekonomi (5) tokoh (4) windows (8)

Jumat, 31 Agustus 2012

Awas, Malware Ini Menyebar Lewat Facebook, Skype & YM

Okezone.com - Para ahli keamanan mengidentifikasi program jahat (malware) yang mudah menginfeksi komputer pengguna. Malware ini bergantung pada aplikasi messaging populer yang sering digunakan untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga atau rekan kerja Anda.


Dilansir dari Softpedia, Jumat (31/8/2012) malware ini menyebar melalui Skype, ICQ, GTalk, Yahoo! Messenger, MSN Messenger, Pidgin bahkan web chat Facebook.

Menurut McAfee Research Scientist, Nirajan Jayanand malware ini datang sebagai file bernama Picturexx.JPG_www.facebook.com.

Saat melancarkan aksinya, para penjahat dunia maya mengirimkan link yang diduga merujuk ke sebuah video yang menarik, namun ketika korban meng-klik link tersebut mereka akan memperoleh worm. Buruknya lagi, mereka akan menyalinkan link yang sama dan kemudian mengirimkannya ke kontak yang ada di aplikasi messaging korban.

Untuk memastikan bahwa mereka sulit dihilangkan, ketika telah berhasil menginfeksi komputer si korban, malware tersebut menonaktifkan update Windows dan antivirus.

Selain itu worm ini mengubah konfigurasi browser seperti Internet Explorer, Mozilla, dan Chrome. setelah mengubahnya, para penyerang dapat dengan mudah mengirimkan perintah berbahaya.

Para ahli keamanan mengatakan bahwa worm ini sulit dihapus. Cara termudah ialah, dengan membiarkan program up-to-date antivirus atau Anda dapat menghapus entri start-up dengan mengakhiri proses mdm.exe dari sistem operasi Task Manager.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar